Kam. Mei 28th, 2020

Fakultas Hukum

Universitas Wiralodra Indramayu

FAKULTAS HUKUM UNWIR MENGADAKAN SEMINAR PENEGAKAN HUKUM PEMILU YANG BERKEADILAN OLEH BAWASLU PROVINSI JAWA BARAT

2 min read
SEMINAR BAWASLU PROV. JABAR

SEMINAR BAWASLU PROV. JABAR DI KAMPUS UNWIR FAKULTAS HUKUM

TipiKampus-Senin, 09/12/2019 BAWASLU adalah Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) merupakan lembaga penyelenggara pemilu yang bertugas melaksanakan pengawasan pemilu di negara kesatuan Republik Indonesia.

Dalam Undang-Undang No. 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilu, Bawaslu dipimpin oleh lima orang Anggota Bawaslu dari kalangan profesional yang memiliki kemampuan dalam pengawasan terhadap pelaksanaan Pemilu di Indonesia. Terlebih, netral dan tidak menjadi anggota partai politik tertentu.

Dalam melaksanakan tugasnya, Bawaslu didukung oleh Kesekretariatan Jenderal yang dipimpin oleh seorang Sekretaris Jenderal. Kedudukan Sekretaris Jenderal didukung oleh 4 (empat) kepala biro yang terdiri dari Biro Administrasi, Biro Teknis Pengawasan Penyelenggaraan Pemilu, dan Biro Hukum, Humas dan Pengawasan Internal, serta 1 (satu) Biro Administrasi Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Berdasarkan Undang-Undang No. 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilu, Bawaslu juga memiliki jajaran yang bersifat permanen hingga tingkat Provinsi yang dikenal dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi. Sedangkan untuk tingkat kabupaten/kota hingga desa, masih bersifat ad hoc (sementara).

Dalam menjalankan tugasnya, Bawaslu memiliki dua tugas yakni melaksanakan pencegahan dan penindakan terhadap pelanggaran. Dari kedua tugas tersebut, Bawaslu lebih mengedepankan pengawasan Pemilu berbasis pencegahan terhadap berbagai potensi pelanggaran dalam Pemilu.(dikutip langsung dari halaman resmi bawaslu jawa barat).

Seminar Penegakan Hukum Pemilu Yang Berkeadilan “Seminar Evaluasi Pemilu 2019 dan Proyeksi Pada Pilkada 2020”, yang dilaksanakan di auditorium fakultas hukum unwir pada hari Senin, 09/12/2019.tidak tanggung tanggung seminar Bawaslu ini menghadirkan 6 narasumber yaitu:

Drs. H. M. Wasikin Marzuki (Anggota Bawaslu Jabar Kordiv. SDM), Syamsul Bahri Siregar, SH., MH. (Dekan Fakultas Hukum UNWIR), Dr. Berna Sudjana Ermaya, SH., MH. (Dosen Univ. Pasundan), Zaki Hilmi (Anggota Bawaslu Jabar Kordiv. Pengawasan), Imam Soleh, S.Ip. M,Si. (Wakil Dekan Fisip UNWIR), Dr. H. Sugianto, SH., MH. (Dosen IAIN Syekh Nurjati Cirebon).

Mahasiswa Fakultas Hukum UNWIR hadir di seminar yang di adakan oleh BAWASLU PROV. JABAR dan FAKULTAS HUKUM UNWIR, sekitar 90 mahasiswa Fakultas Hukum Unwir sangat antusias dengan seminar ini.

Mahasiswa Semester 1 Fakultas Hukum UNWIR hadir dan absen dalam seminar BAWASLU PROV.JABAR
Mengantri untuk mengikuti seminar BAWASLU PROV. JABAR
Antusias mahasiswi dalam seminar BAWASLU PROV. JABAR
INFO PENYEWAAN AULA FH 0234-275566/WA 087 718 877 744

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.