slide4
slide3
slide2
slide01
  • 0
  • 1
  • 2
  • 3

Welcome

By admin, 2 May, 2024

Sambutan Dekan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Sejalan dengan dinamika perubahan dan perkembangan yang terjadi dalam masyarakat dewasa ini, praktis mendorong adanya upaya perbaikan dan peningkatan kualitas masing-masing Perguruan Tinggi dalam memberikan pelayanan terbaik di bidang pendidikan. Hal mana semata merupakan wujud komitmen dari lembaga yang bersangkutan terhadap upaya pembangunan masyarakat secara keseluruhan.

Fakultas Hukum Universitas Wiralodra sebagai salah satu pilar pendidikan yang ada di Kabupaten Indramayu, secara terus menerus mengupayakan tercapainya keadaan yang demikian, sesuai dengan peran pentingnya dalam pengaktualisasian pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Keberadaan Fakultas Hukum Universitas Wiralodra Indramayu, boleh jadi telah memberikan harapan yang cukup besar dalam rangka menunjang pelaksanaan cita-cita sebagaimana dimaksud, tidak saja terbatas pada segenap Sivitas Akademika Universitas Wiralodra Indramayu khususnya, tetapi juga bagi masyarakat Kabupaten Indramayu pada umumnya. Peran dan kedudukannya menjadi begitu sentral, mengingat kondisi masyarakat yang menuntut adanya kehadiran lembaga akademis yang mandiri dan profesional dalam menilik setiap perubahan konstelasi yang terjadi dalam masyarakat, tanpa harus menampikkan adanya aspirasi yang berkembang dalam lingkungan masyarakat itu sendiri. Fakultas Hukum Universitas Wiralodra Indramayu, secara khusus memposisikan dan mendidikasikan diri sebagai lembaga independen yang melakukan pengkajian terhadap issue, problematika dan kompleksitas yang timbul dalam masyarakat akibat adanya persinggungan antara aspek kebijakan dan pelayanan publik dengan aspek-aspek sosial dalam masyarakat.

Penyusunan Company Profile Fakultas Hukum Universitas Wiralodra Indramayu sebagaimana yang telah kami lakukan ini, sesungguhnya tidak lain dan tidak bukan merupakan bagian dari upaya dan langkah awal kami dalam mengawali perbaikan dan peningkatan kualitas institusional kelembagaan dan sistem informasi yang terintegrasi. Kehadirannya semoga saja sedikit-banyak dapat menjadi media yang cukup berharga dalam upaya memperkenalkan keberadaan lembaga ini kepada Pemerintah Daerah, stakeholders dan seluruh masyarakat Kabupaten Indramayu atau pun pihak lainnya yang merasa berkepentingan untuk itu.

Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi amal dan budi baik kita.

Demikian sambutan ini kami sampaikan semoga dapat bermanfaat bagi pembaca, terima kasih.

Wasalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Dekan,

ttd.

Saefullah Yamin, S.H., M.H.


Sejarah Singkat

Sejarah Fakultas Hukum tidak dapat dipisahkan dari keberadaan Universitas Wiralodra sebagai salah satu Perguruan Tinggi di Kabupaten Indramayu. Dewasa ini Program Studi Ilmu Hukum adalah satu-satunya program studi yang dimiliki oleh Fakultas Hukum Universitas Wiralodra. Program studi ini didirikan berdasarkan Akte Yayasan Pembina Universitas Wiralodra Indramayu yang dibentuk pada tanggal 17 Juli 1982 dengan legalitas Akte Notaris Atiah Djahari, SH. Nomor 56 selanjutnya, Akte Notaris tersebut diperbaharui dengan Akte Notaris Nomor 138 tanggal 19 Desember 1996 jo. Nomor 55 tanggal 8 September 1999 jo. Nomor 58 tanggal 30 Oktober 2001 jo. Nomor 08 tanggal 1 April 2011, serta ditetapkan sebagai badan hukum oleh Kementerian Hukum dan HAM RI Nomor: AHU-3796.AH.01.04. Tahun 2011 tentang Yayasan Wiralodra Indramayu. Izin Penyelenggaraan diberikan kepada Universitas Wiralodra berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 508/O/1982 tanggal 17 Juli 1982.

Untuk pertama kali Fakultas Hukum memperoleh status terdaftar berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan R.I. Nomor 079/O/1985, status terdaftar tersebut telah diperbaharui dengan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan R.I. Nomor 0123/O/1992 tanggal 2 Maret 1992 untuk jurusan/program studi jenjang program S1 Hukum Keperdataan dan Hukum Pidana. Izin operasional diberikan kepada Universitas Wiralodra Indramayu berdasarkan SK Departemen Pendidikan Tinggi Nomor 3087/D/T/2003 tanggal 27 Oktober 2003.

Pada tahun 2006, Fakultas Hukum memperoleh Peringkat Akeditasi B berdasarkan SK BAN-PT Nomor 019/BAN-PT/Ak-X/S1/XII/2006, serta mendapatkan perpanjangan izin penyelenggaran program studi Ilmu Hukum melalui SK Kementerian Pendidikan Nasional Nomor 7574/D/T/K-IV/2011.

Sejak tahun 1982, Fakultas Hukum Universitas Wiralodra telah mengalami enam kali periode pergantian kepemimpinan dengan masing-masing urutan sebagai berikut:

dekan1

Sunarto, S.H. (1982-1987)

dekan2

H. Djadja Sudjana, S.H. (1987-1997)

dekan3

H. Suharto Soewondo, S.H., CN. (1997-2002)

dekan4

H. Tatang Odjo Suardja, S.H., M.H. (2002-2010)

dekan5

Dr. Ujang Suratno, S.H., M.Si. (2010-2014)

dekan6

Syamsul Bahri Siregar, S.H., M.H. (2014-2022)

dekan7

Saefullah Yamin, S.H., M.H. (2022-sekarang)


Visi, Misi, dan Tujuan

Visi

"Menjadi Program Studi Unggul Kompetitif dalam Pendidikan dan Pengembangan Ilmu Hukum yang Dilandasi Nilai-nilai Ketuhanan, Kebangsaan dan Kearifan Lokal"

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang bermutu, profesional dan inoavatif di bidang Ilmu Hukum yang dilanandasi keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta semangat kebangsaan, cinta tanah air, dan berkepribadian.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian yang bermanfaat bagi pengembangan Ilmu Hukum dan kemanfaatan bagi masyarakat baik tingkat lokal maupun nasional.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian dan pendampingan kepada masyarakat secara edukatif, konsisten dan terprogram khususnya bidang Ilmu Hukum bagi upaya peningkatan pengetahuan dan kesadaran hukum.  
  4. Meningkatkan suasana dan prilaku akademis, agamis dan kebangsaan di lingkungan Sivitas Akademika.
  5. Menjunjung tinggi budaya, tata krama dan kearifan lokal di masyarakat.

Tujuan

  1. Mempersiapkan lulusan yang memiliki kualitas kemampuan akademik, profesional, dan dapat mengimplementasikan ilmu hukum dengan batas waktu penyelesaian studi minimal dan hasil IPK maksimal.
  2. Mempersiapkan lulusan yang memiliki semangat kebangsaan, berkepribadian, mandiri, cerdas, kreatif, terampil, berdisiplin, bertanggungjawab, mempunyai etos kerja, produktif, dan berorientasi masa depan, sehingga mampu bersaing mengisi lowongan kerja yang tersedia melalui penguasaan ilmu pengetahuan dan keahlian di bidang ilmu hukum serta bidang lainnya.
  3. Mempersiapkan lulusan yang mampu berkreasi dan berinovasi dalam berbagai bidang pekerjaan
  4. Mempersiapkan lulusan yang berakhlak, memiliki komitmen yang tinggi terhadap kebenaran, dan peka terhadap masalah-masalah keadilan dan sosial yang berkembang di masyarakat sehingga dapat membina lingkungan fisik dan sosial yang tertib dan dinamis.
  5. Mempersiapkan lulusan yang menghormati dan menjunjung tinggi budaya, tata krama dan kearifan lokal yang ada dan hidup di masyarakat.

at www.freevisitorcounters.com  

Map

Comments

Visitors

  • Total Visitors: <em class="placeholder">1027</em>
  • Unique Visitors: <em class="placeholder">98</em>
  • Registered Users: <em class="placeholder">1</em>
  • Last Registered User: <span>admin</span>
  • Published Nodes: <em class="placeholder">5</em>
  • Your IP: <em class="placeholder">180.241.241.189</em>
  • Since: <em class="placeholder">05/09/2024 - 22:23</em>